Senin, 10 September 2012

Media Online

Pertemuan pertama bersama bapak. Suwarjono
Materi perkuliahan pertama Kapita Selekta tanggal 29 Agustus 2012 dibawakan oleh Bapak Suwarjono yang bekerja di salah satu media berbasis online, Viva News, dengan topik Periklanan di Era New Media (media baru).
Jika ada new media, tentu juga ada old media (media lama). Old media adalah media cetak (koran, majalah, bulletin, dan lain-lain) dan media elektronik (televisi, radio, dan lain-lain). Media baru muncul karena ruang yang tersedia pada media lama semakin terbatas, sementara kebutuhan akan penyampaian informasi, baik itu berita ataupun iklan, semakin bertambah. Apalagi, media baru menawarkan tampilan yang lebih menarik dengan penggabungan antara kata-kata, gambar, audio, dan video. Berbeda dengan media lama yang hanya bisa menampilkan kata-kata dan gambar saja.
Istilah new media pertama kali diperkenalkan oleh Marshal McLuhan pada 1953. Pada tahun 1990-an, istilah ini kemudian merujuk pada perkembangan teknologi digital. Bukan media yang terus berganti, melainkan sistem penyampaian pesan dan juga cara / alat yang digunakan audien / pendengar / pemirsa untuk berinteraksi dengan media tersebut yang berubah.
Saat televisi diciptakan, ia tidak menggantikan radio. Ketika internet muncul, ia tidak menggantikan media televisi. Buktinya, kita tetap bisa mendengarkan siaran radio maupun acara televisi melalui internet di mana saja dan kapan saja. Apa yang kita sebut dengan streaming. Selain itu, ada juga situs penyedia informasi, seperti yahoo, google, youtube, dan jejaring sosial, seperti facebook dan twitter. Situs-situs tersebut sangat diminati, sehingga menarik pengiklan untuk mempromosikan barang dan jasa mereka di sana.
Media Online VIVANEws
VIVAnews merupakan salah satu portal berita online terbaik di Indonesia. PT. Viva Media Baru selaku pengelola dari VIVAnews membuat sebuah terobosan baru. Portal berita yang berdiri sejak tahun 2008 itu berubah nama menjadi VIVA sekaligus berganti alamat dari www.vivanews.com beralih ke www.viva.co.id.

Problem media online terdiri dari:
  1. Kekuatan Berita
  2. Minim Pengakses
  3. Tampilan/desain + tulisan
  4. Kurang Update
  5. Ketahui karakter Online
  6. Tidak gunakan sosial media
  7. Maksimalkan Layanan

Karakter Online terdiri dari:
  1. Content is the king? Platfora
  2. User behaviour Online & offline
  3. Statistik traffic  tinggi dan iklan
  4. Marketing (Jitu)
  5. Technology (Gratisan)
  6. Make money (Ide Kreatif)
  7. Culture (Dunia yang cepat berubah harus disesuaikan)
  8. Ruang/tempat tidak terbatas
  9. Penyajian bisa berbentuk teks/foto, uadio maupun tipo grafik
  10. Periodosaso 60/24/7
  11. Interaktif
HAL YANG PERLU DIINGAT!!!
  • Bad News is Good News tak tepat
  • Ketahui rambu-rambu hukum
  • Menulis dan Terdokumentasi selamanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger