Pertemuan pertama bersama bapak. Suwarjono
Materi perkuliahan pertama Kapita Selekta
tanggal 29 Agustus 2012 dibawakan oleh Bapak Suwarjono yang bekerja di
salah satu media berbasis online, Viva News, dengan topik Periklanan di
Era New Media (media baru).
Jika ada new media, tentu juga ada old media
(media lama). Old media adalah media cetak (koran, majalah, bulletin,
dan lain-lain) dan media elektronik (televisi, radio, dan lain-lain).
Media baru muncul karena ruang yang tersedia pada media lama semakin
terbatas, sementara kebutuhan akan penyampaian informasi, baik itu
berita ataupun iklan, semakin bertambah. Apalagi, media baru menawarkan
tampilan yang lebih menarik dengan penggabungan antara kata-kata,
gambar, audio, dan video. Berbeda dengan media lama yang hanya bisa
menampilkan kata-kata dan gambar saja.
Istilah new media pertama kali
diperkenalkan oleh Marshal McLuhan pada 1953. Pada tahun 1990-an,
istilah ini kemudian merujuk pada perkembangan teknologi digital. Bukan
media yang terus berganti, melainkan sistem penyampaian pesan dan juga
cara / alat yang digunakan audien / pendengar / pemirsa untuk
berinteraksi dengan media tersebut yang berubah.
Saat televisi diciptakan, ia tidak
menggantikan radio. Ketika internet muncul, ia tidak menggantikan media
televisi. Buktinya, kita tetap bisa mendengarkan siaran radio maupun
acara televisi melalui internet di mana saja dan kapan saja. Apa yang
kita sebut dengan streaming. Selain itu, ada juga situs
penyedia informasi, seperti yahoo, google, youtube, dan jejaring
sosial, seperti facebook dan twitter. Situs-situs tersebut sangat
diminati, sehingga menarik pengiklan untuk mempromosikan barang dan
jasa mereka di sana.
Media Online VIVANEws
VIVAnews merupakan salah satu portal berita
online terbaik di Indonesia. PT. Viva Media Baru selaku pengelola dari
VIVAnews membuat sebuah terobosan baru. Portal berita yang berdiri
sejak tahun 2008 itu berubah nama menjadi VIVA sekaligus berganti
alamat dari www.vivanews.com beralih ke www.viva.co.id.
Problem media online terdiri dari:
- Kekuatan Berita
- Minim Pengakses
- Tampilan/desain + tulisan
- Kurang Update
- Ketahui karakter Online
- Tidak gunakan sosial media
- Maksimalkan Layanan
Karakter Online terdiri dari:
- Content is the king? Platfora
- User behaviour Online & offline
- Statistik traffic tinggi dan iklan
- Marketing (Jitu)
- Technology (Gratisan)
- Make money (Ide Kreatif)
- Culture (Dunia yang cepat berubah harus disesuaikan)
- Ruang/tempat tidak terbatas
- Penyajian bisa berbentuk teks/foto, uadio maupun tipo grafik
- Periodosaso 60/24/7
- Interaktif
HAL YANG PERLU DIINGAT!!!
- Bad News is Good News tak tepat
- Ketahui rambu-rambu hukum
- Menulis dan Terdokumentasi selamanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar